Tuesday 30 May 2017

Apa itu Hacker?

Hasil gambar untuk hacker


Hacker, pada masyarakat umum sudah banyak mengenal dengan kata Hacker. Menurut Wikipedia, peretas atau biasa di sebut dengan Hacker merupakan orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, bahkan menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan memotivasi tantangan.


Sejarah peretas muncul di awal tahun 1960-an. Pada masa itu anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu pendiri perkembangan teknologi komputer yang mereka juga berkutat dengan sejumlah komputer mainframe. pada awalnya, hacker pertama kalinya muncul dengan arti yang positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang bersama.hacker

Pada 1983, sebutan hacker berubah menjadi negatif karena pada tahun tersebut FBI menangkap kelompok cyber crime bernama The 414s yang berbasis di AS, untuk pertama kalinya. Selanjutnya banyak orang yang mengaku hacker namun tidak bertanggung jawab sehingga para hacker asli menyebut mereka sebagai cracker. Hacker-hacker ini kemudian mengadakan pertemuan hacker tahunan terbesar di dunia yang dinamakan Def Con tiap pertengahan Juli di Las Vegas.

Jadi bisa disimpulkan:

Hacker (White Hat Hackers): peretas yang sebenarnya, memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang bersama.
Cracker (Black Hat Hackers): peretas yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup serta merusak suatu sistem.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter